Liputan TV Trans7 Kambing Etawa Senduro

Peternakan Etawa Jaya kali ini mendapatkan kunjungan istimewa dari kru stasiun televisi nasional Trans7. Kunjungan ini disertai oleh tim peneliti Sumber Daya Genetik (RD-SDG): Dr . Gatot Ciptadi, Dr.Ir. Agus Budiarto dan Dr.Ir.Moch.Nasich,MS dari Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang. Kru televisi Trans7 berkesempatan meliput Kambing Etawa Senduro yang berada di kandang Peternakan Etawa Jaya. Selain itu kru Trans7 juga mendapatkan penjelasan langsung dari pakar ahlinya (tim peneliti RD-SDG) mengenai potensi genetik dan keunggulan Kambing Etawa Senduro. Beberapa aktivitas peternakan seperti memerah susu kambing juga sempat dipraktekkan sebagai bahan liputan untuk acara televisi Trans7 yang rencana-nya akan ditayangkan bulan September 2016. Tidak lupa kru Trans7 beserta tim pakar RD-SDG berkesempatan merasakan susu kambing Etawa Senduro secara langsung untuk membuktikan rasa dari susu tersebut.

Sebagai informasi, Kambing Etawa Senduro telah “go-international” berkat usaha keras dari tim RD-SDG untuk memperkenalkan Kambing Etawa Senduro sebagai plasma nutfah Indonesia di skala internasional. Beberapa makalah ilmiah (scientific papers) internasional telah dipublikasikan oleh tim RD-SG. Salah satu makalah ini telah dipresentasikan oleh Dr. Gatot Ciptadi, sebagai ketua riset group RD-SDG, di 3rd ICAMBBE (International Conference Advance on Molecular Bioscience and Biomedical Engineering) yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang. Menurut Dr. Gatot Ciptadi hasil -hasil penelitian terkait dengan pembekuan semen kambing Senduro ini selanjutnya rencananya akan dipresentasikan kembali di Forum internasional yang lebih bergengsi yaitu Animal Science Coggres, 27 th AAAP (Australian Asian Animal Production Association di Fukuoka, Jepang Pada tanggal 22-25 Agustus 2016.

Peternakan Etawa Jaya mengucapkan terimakasih kepada kru Trans7 dan tim peneliti RD-SDG pada khususnya yang memungkinkan kegiatan syuting ini terlaksana. Liputan ini merupakan hal yang sangat positif untuk mengangkat popularitas Kambing Etawa Senduro di kalangan peternak kambing Indonesia. Para peternak berhak untuk mengetahui jenis kambing lokal (plasma nutfah) yang memiliki keunggulan baik dari segi pembiakan, pedaging dan perah (susu). Ini akan memberikan pilihan bagi peternak Indonesia untuk memilih kambing sesuai dengan tujuan beternaknya (baca: Tentukan Tujuan Sebelum Beternak Kambing Etawa). Dengan liputan ini akan memberikan informasi yang benar dan obyektif (berimbang) langsung dari ahli peternakan.

IMG_4334
IMG_4336
IMG_4337
IMG_4341
IMG_4342
IMG_4347
IMG_4349
IMG_4350
IMG_4353
IMG_4357
IMG_4367