Berkat Budidaya Kambing PE, Sangkler Group Sabet Juara Nasional

TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR – Kelompok pe­ter­nak kambing Sangkler Group Tu­lung­agung mendapat penghargaan ting­kat nasional. Kelompok peternak di Desa Karangsono, Kecamatan Ngu­nut ini menyabet juara nasional dalam mem­budidayakan kambing Peranakan Eta­wa (PE).

penghargaan kambing pe

Penghargaan yang diserahkan ber­sa­ma­an penghargaan ketahanan pangan na­si­onal ini diberikan langsung oleh Wa­pres Boediono, pada 15 Desember lalu.

Menurut Ir Subardjo, kepala Dinas Pe­ternakan (Disnak) Tulungagung, ke­lom­pok peternak kambing “Sangkler Group” terbentuk sejak 27 Juli 2005. Un­tuk men­dapat penghargaan tersebut ke­lompok pe­ternak kambing ini meng­a­wali dengan mem­budayakan kambing ka­cang (kam­bing Jawa). Dengan ber­ba­gai informasi yang didapat, berdasar ke­se­pakatan ang­gota, kelompok ini ber­­alih kebudiaya kam­bing Peranakan Eta­wa (PE). Kam­bing PE ini lebih men­janjikan karena je­nis kambing ini je­­nis kambing unggul yang bisa meng­hasilkan bibit dengan kualitas baik. Ba­ik daging maupun susu yang terkenal de­ngan berbagai kasiatnya. “Hingga sa­at ini populasi kambing PE di ke­lom­pok Sangkler Group mencapai 1.163,” tam­bahnya.

Setelah memantapkan jumlah po­pu­la­si, kambing-kambing tersebut di­ikut­kan dalam berbagai kontes kambing PE baik tingkat lokal maupun regional bah­kan tingkat nasional. Dari berbagai kon­tes yang diikuti banyak kambing ke­lompok Sangler Group mendapat ju­a­ra. Hal ini berdampak pada nilai jual per ekor mencapai mencapai puluhan ju­ta.

Saat ini, Sangler Group menguasahi agribisnis kambing PE tersebut, mulai usaha budidaya (sector hulu) sampai ke sector hilir seperti pengolahan hasil dan pemasaran. Selain itu, berbagai usaha dijalankan kelompok Sangkler Group seperti pengolahan konsentrat kam­bing, pupuk organik “JEAT” (jaya karena Ettawa).

Referensi: http://www.radartulungagung.co.id/ekonomi/2323-berkat-budidaya-kambing-pe-sangkler-group-sabet-juara-nasional.html