Rahasia Umur Panjang Dengan Susu Kambing

Pada suatu kesempatan di acara Oprah Show, Oprah Winfrey, dokter Oz dan Dan Buettner, seorang penulis lepas untuk National Geographic membahas daerah zona biru (blue zones) dimana penduduknya hidup lebih lama daripada tempat lain di dunia. Hidup sampai umur 100 tahun memiliki dua sisi mata koin yang berbeda. Secara umum hidup lebih lama berarti bagus namun orang terkadang khawatir karena hal tersebut berarti sama dengan menurunnya fungsi kesehatan dan mental. Namun hal ini tidak terjadi pada “zona biru.”

rahasia umur panjang dengan susu kambing

Pada 4 daerah di bumi ini, banyak masyarakatnya hidup sampai umur 100 tahun. Namun tidak hanya umur panjang, mereka juga hidup dengan kekuatan, vitalitas dan kebahagiaan meski sudah tua. Penduduk zona biru hidup teratur dengan berolah raga, berkebun, aktif dalam komunitas mereka dan memakan makanan tanpa pantangan.

Pada salah satu tempat zona biru, di Sardinia, suatu pulau Mediterania 120 mil lepas pantai Italia, disini dapat ditemukan jumlah pria berumur seratus terbanyak di dunia.

rahasia umur panjang dengan susu kambing

Orang Sardinia memiliki kebiasaan memakan keju Pecorino yang kaya akan asam lemak omega-3 sebagai menu pokok mereka. Selain itu mereka memiliki kebiasaan meminum susu kambing yang tinggi akan kalsium dan bagus untuk jantung. Dr. Oz mengatakan “Plus, peneliti mempercayai susu kambing dapat melindungi dari penyakit Alzheimer dan jantung.”

Tidak hanya sehat untuk dikonsumsi, susu kambing lebih mudah dicerna oleh lambung dan juga bagus untuk orang yang laktosa intoleran (alergi susu sapi). Dr. Oz mengatakan “Susu kambing memiliki tryptophan, sejenis perantara pelunak yang dimiliki kalkun,”. “Partikel lemak dalam susu kambing lebih kecil daripada susu sapi, sehingga Anda jangan mencampur antara susu sapi dan susu kambing. Susu sapi mengandung butiran lemak yang pada beberapa orang akan menghasilkan enzim yang dapat membuat iritasi pada lambung” tambah Dr. Oz.

susu kambing siap kirim

Penduduk Sardinia juga memakan makanan ragam warna yang membantu mereka memperoleh vitamin D. Dr Oz menambahkan “Satu hal yang dimiliki oleh zona biru, semua nampaknya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tentu saja, matahari memberikan vitamin D yang mana merupakan kekurangan vitamin utama di Amerika”. “Sinar matahari memberikan apa yang sama diberikan oleh buah dan sayuran berikan, mereka melindungi tubuh anda dari dalam” ujarnya.

Referensi :