MENU
Peternakan Etawa Jaya

Ciri Kambing Etawa Bunting

Mengenali kambing etawa yang bunting dari fisik pada awal kebuntingan tidaklah mudah. Langkah awal yang dapat dilakukan oleh peternak secara umum adalah memperhatikan siklus birahi (estrus / heating) dari kambing etawa tersebut. Jika dalam 21 hari setelah dikawinkan, kambing etawa betina tidak birahi lagi maka kemungkinan besar kambing tersebut bunting.

Beberapa referensi di buku dan internet tidak pernah melakukan pembedaan ciri-ciri kebuntingan kambing etawa betina yang masih dara dengan yang sudah beranak. Rata-rata referensi yang ada menganggap semua sama. Padahal kebuntingan kambing etawa yang masih dara lebih sulit dikenali daripada kambing etawa yang sudah pernah beranak. Pada artikel ini akan dibagi ciri kebuntingan kambing etawa yang masih dara dengan yang sudah pernah beranak.

1. Mengenal Kebuntingan Kambing Etawa Dara

Secara fisik kambing etawa yang baru bunting pertama kali (dara) lebih sulit dikenali kebuntingannya dibandingkan kambing etawa yang sudah pernah beranak. Dalam 3 bulan pertama kambing etawa dara yang bunting belum menampakkan perbedaan fisik yang nyata. Ukuran ambing kambing etawa dara yang masih kecil membuat sulit untuk menentukan apakah kambing etawa dara tersebut sedang bunting atau tidak.

Beberapa ciri kambing etawa dara yang bunting:

  1. Kambing lebih tenang, jinak dan tidak gelisah
  2. Kulit menjadi agak kendor atau lemas
  3. Pusar diperut melebar
  4. Bulu menjadi rontok dan agak mengkilap
  5. Nafsu makan bertambah sehingga badan agak gemuk.

Setelah usia kebuntingan 3 bulan kambing etawa dara yang bunting lebih mudah dikenali dari perubahan badannya. Perut kambing membesar seiring usia kebuntingan yang semakin tua.

2. Mengenal Kebuntingan Kambing Etawa yang Pernah Beranak

Kambing etawa yang pernah beranak lebih mudah dikenali kebuntingannya daripada kambing etawa dara. Pada umur kebuntingan dibawah 2 bulan (8 minggu), kambing etawa yang sudah beranak sudah dapat dideteksi kebuntingannya.

Beberapa ciri kambing etawa bunting:

  1. Ambing susu membesar. Jika diperah keluar cairan bening dan lengket di kulit. Pada umur kebuntingan yang lebih tua, cairan tersebut berubah warna menjadi kuning transparan.
  2. Pusar diperut melebar
  3. Nafsu makan bertambah. Bisa jadi kambing agak kurus pada saat kebuntingannya. Hal ini terjadi karena kambing etawa tersebut masih dalam keadaan menyusui atau baru lepas menyusui anaknya (cempe).
  4. Perut membesar

Setelah peternak mengenali kambing etawa yang bunting, maka kambing etawa yang bunting memerlukan perhatian yang khusus.

Artikel terkait :