Jumlah Kambing Etawa Anda Dalam 28 Bulan

Salah satu kunci sukses dari peternakan kambing etawa adalah kemampuan untuk mengawinkan kambing tepat waktu dan memperoleh hasilnya (anakan/cempe). Jika peternak sudah mampu menguasai aspek ini maka jumlah kambing etawa yang diperoleh dari proses pengembang biakan ada prediktif atau dapat diestimasi dan diduga.

Pemahaman yang benar akan skema kawin kambing etawa betina , akan sangat berpengaruh pada kesuksesan ini.

Berikut adalah analisa prediksi jumlah anakan atau cempe kambing etawa yang didapat dari 1 ekor kambing etawa betina. Disini diasumsikan kambing etawa betina selalu mengeluarkan 2 ekor anak betina (pada kenyataannya jumlah anak yang dihasilkan bervariasi dari 1, 2, 3 atau 4 ekor tapi pada umumnya 2 ekor).

jumlah-kambing-etawa-28-bulan

Dari skema diatas total jumlah anakan (cempe) dalam 28 bulan (2 tahun 4 bulan) adalah sebanyak 10 ekor. Jika modal awal kambing etawa betina yang dimiliki adalah 10 ekor, maka total cempe yang diperoleh adalah 10 x 10 = 100 ekor. Total kambing etawa yang dimiliki (plus induk betina awal) adalah 100 + 10 = 110 ekor.

Jika tujuan beternak anda adalah pedaging atau untuk produksi susu maka etawa ras Senduro adalah alternatif yang bagus. Harga betina kambing etawa ras Senduro siap kawin cukup murah dan kompetitif yakni sekitar 2 jutaan (silahkan lihat http://www.etawajaya.com/harga ). Alasan lain kambing etawa ras Senduro sangat mudah untuk dijual dibandingkan kambing kontes.

Modal yang perlu dikeluarkan untuk 10 ekor betina adalah 10 x 2 juta = 20 juta (belum termasuk biaya kandang). Total asset kambing etawa yang anda miliki dalam 28 bulan adalah 2 juta x 110 ekor = 220 juta rupiah! Jumlah asset ini belum menghitung adanya inflasi. Inflasi mengakibatkan harga barang termasuk kambing etawa semakin mahal dari tahun ke tahun. Biaya pakan per bulan untuk 10 ekor di peternakan kami adalah sekitar 500 ribu rupiah (bervariasi tiap daerah). Total dalam satu tahun kami hanya mengeluarkan 28 bulan x 500 ribu = 14 juta rupiah untuk pakan.

Dari analisa diatas dapat disimpulkan usaha peternakan kambing etawa cukup menjanjikan. Modal yang dibutuhkan relatif ringan dengan hasil omzet yang prediktif dan menjanjikan. Yang dibutuhkan disini adalah ketekunan, kemauan belajar dan mencoba dari peternak kambing etawa. Kebutuhan pasar kambing etawa untuk pedaging dan susu cukup besar. Kambing etawa ras senduro adalah jenis kambing etawa yang cocok karena harganya murah, kompetitif dan mudah untuk dijual (silahkan lihat http://www.etawajaya.com/harga )